Friday, December 30, 2011

Été 2012: Fall into the Sea


As usual, banyak konsep yang bertebaran untuk koleksi spring/summer 2012. Setelah ngeliat reviewnya kemaren, ada konsep yang paling menonjol dan menginspirasi dari beberapa rumah mode dunia. I call it a sea. Yes, laut dan segala sesuatu yang berhubungan dengan laut. Menurut fengshui, Tahun 2012 adalah shio naga air. Ngaruh ga ya kira-kira sama elemen air/laut yang para rumah mode gunakan sebagai inspirasi untuk koleksinya? I have no idea for it. :p Okay sekarang karena konsep si air laut ini cukup menarik untuk disimak, so let's check these out!


Versace
Donatella Versace at Versace Spring/Summer 2012 Finale
Untuk koleksi Spring/Summer 2012 nya kali ini, donatella versace menampilkan beberapa motif print dan studs. I really love Versace's collection for this season. Namun kali ini donatella mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh sensualitas dari sirene (peri laut) dan mermaid (putri duyung). Dan elemen makhluk laut yang ditampilkan donatella di koleksi versace terdapat pada studs mini yang bentuknya disusun menyerupai kuda laut dan kerang. Kemudian ada pula motif print bintang laut, kuda laut, kerang, dan peri laut bersama putri duyung yang menginspirasi tadi. Well, asal kepiting, udang, cumi-cumi, ubur-ubur ga dimasukin sekalian aja -____-. Untuk inspirasi elemen laut dan mermaid tadi, juga terlihat pada bag collectionnya. Motif bintang laut, kuda laut dan putri duyung menghiasi koleksi tas versace dengan palet warna yang lembut. Bahkan konsep elemen laut yang diterapkan donatella pada koleksinya ini juga nyambung loh sama ad campaign nya yang menampilkan gisele bundchen sebagai bintang. (soalnya berhubungan sama air-air juga) *mulai sok tau* *geplak* :p :p

Versace Spring/Summer 2012 Collection
Versace Spring/Summer 2012 Bag Collection
Ad Campaign Versace Spring/Summer 2012 (1)
Ad Campaign Versace Spring/Summer 2012 (2)
Ad Campaign Versace Spring/Summer 2012 (3)


Chanel
Chanel Spring/Summer 2012 Runway decoration
Yang kalah heboh mengangkat tema yang berhubungan dengan laut adalah Chanel. Liat aja dekorasi runway nya yang sedemikian rupa sehingga bisa terlihat seperti dunia keajaiban bawah laut. Kali ini Karl Lagerfeld menggunakan mutiara khas dari Coco Chanel sebagai hiasan untuk kancing, belt dan hiasan lain pada koleksinya. Warna koleksi yang ditampilkan Lagerfeld dalam koleksinya ini merupakan warna original yang terdapat pada mutiara. (hitam, krem, peach, hijau muda dan putih).Karl Lagerfeld juga bereksplorasi dengan material tekno yang inovatif untuk menciptakan efek cahaya melalui air. Kemudian ada pula aplikasi teknik pleating dan draping dengan motif rumput laut, yang mengingatkan pada bentuk karang, kerang, ganggang air melambai ke pleated skirt. (tren yang kuat untuk musim ini). Lalu pada akhir show penyanyi Florence welch yang muncul dari dalam kerang dan menyanyikan lagu "What a Water gave me" (ala-ala Jinny oh Jinny nongol dari kerang ya -____-). Untuk ad campaign, Lagerfeld juga memasukkan unsur laut menjadi tema. Lagerfeld berkolaborasi dengan mantan editor in chief Vogue Paris Carine roitfeld untuk menstyling ad campaign chanel. Menampilkan Joan Smalls dan Saskia de Brauw (wohooo there's no Freja anymore), ad campaign Chanel sendiri adalah tentang gymnastic dan laut. Merupakan sesuatu yang cantik dan modern, kata lagerfeld. 

Chanel Spring/Summer 2012 Collection
Chanel ad campaign Spring/Summer 2012 (1)
Chanel ad campaign Spring/Summer 2012 (2)
Givenchy
Givenchy Spring/Summer 2012 Collection

Next is Givenchy, rumah mode asal paris ini juga menampilkan koleksi yang terinspirasi dari kehidupan laut pada Paris Fashion week lalu. Riccardo Tisci selaku creative director Givenchy menyatakan bahwa terinspirasi oleh para peselancar dan mermaid (putri duyung). Objek sama yang menginspirasi versace. Namun bila versace menampilkannya dalam bentuk print motif dan bentuk susunan studs, Givenchy menampilkan mermaid tadi dalam bentuk tekstur material koleksinya. Liat aja ada beberapa bagian dress yang bertekstur mirip sisik putri duyung. Kemudian ada pula kombinasi yang ditampilkan dengan jahitan yang menampilkan efek gelombang yang mengingatkan kita pada gelombang air. (ya saat peselancar beraksi lebih tepatnya). Guntingan material kain ini menggunakan teknik lasercutting, sama yang dilakukan tisci untuk Haute couture pada bulan juli lalu. Kemudian untuk ad campaign, Givenchy juga mengambil setting di tepi pantai (kan air-air lagi, walopun engga mainan ama airnya sih :p :p). Ad campaign Givenchy menjadikan Gisele Bundchen sebagai bintang.

Givenchy ad campaign Spring/Summer 2012 (1)
Givenchy ad campaign Spring/Summer 2012 (2)
Givenchy ad campaign Spring/Summer 2012 (3)
Givenchy ad campaign Spring/Summer 2012 (4)


Alexander McQueen
Alexander McQueen Spring/Summer 2012 Finale
Nah dari ketiga rumah mode tadi, dengan tampilan koleksi yang menawan. Menurut gue, konsep Alexander McQueen lah yang paling yahud. heuheu. Sarah burton dalam koleksinya terinspirasi oleh Underwater magic. Ya karena namanya magic, mungkin aja kali ya makanya tampilan koleksinya ajaib ajaib. Mulai dari head piece sampe beltnya. Koleksi Alexander McQueen kali ini berdasarkan pada 3 G. (Bukan Jaringan atopun nama boyband lokal loh yeh! - -") 3 G yang dimaksud itu adalah Grès (untuk pleating dan draping). Gaudí (Gaudí sendiri adalah seorang arsitek spanyol yang menganut art noveau) untuk arsitektur rancangannya, dan Gaia untuk pemahaman semua kehidupan laut yang disuntikkan ke dalam rancangannya. Seperti adanya ornamen kerang atau karang di koleksi sarah. Koleksi alexander mc queen kali ini pun banyak mengesankan akan dinamisme dari kehidupan bawah laut. Liatlah salah satu dress dengan siluet diatas pinggang yang menegaskan sebuah garis kekaisaran berwarna hitam dengan ruffle yang sangat banyak. Sehingga pada saat diperagakan model berjalan, akan tampak seperti ubur-ubur bergerak di laut. Show McQueen kali ini lebih tampak seperti sindiran terhadap karang, anemon laut, rumput laut, warna perak dari sebuah kerang dan kerang putih. Terlepas dari semua konsep yang mengagumkan karena strukturnya yang rumit ini, bikin gue mikir dan mengandung dua pertanyaan. Pertama, orang "gila" mana lagi selain lady gaga yang mau jalan mirip kaya ubur-ubur bergerak dilaut kaya kata Sarah Burton tadi? Kedua, apakah jalan dengan gerakan yang mirip ubur - ubur bergerak dilaut adalah sebuah tren baru yang ingin dicapai para desainer untuk konsumen mereka melalui koleksi ready to wear nya? Oh, mengagumkan tapi penuh dengan tanda tanya :|
Alexander McQueen Spring/Summer 2012 Collection

No comments:

Post a Comment