Monday, November 07, 2011

Paris Fashion Week S/S 2012





Setelah milan yang menjadi kota digelarnya fashion week untuk koleksi Spring/Summer tahun depan, Paris adalah kota terakhir. Well, ya emang namanya juga pusat kota mode dunia, engga mungkin koleksinya engga bagus. Instead, I Think Paris had the strongest collection from that three other city. Ada beberapa koleksi yang sangat menarik untuk disimak. 
Dimulai dari kreasi Sarah Burton di Alexander McQueen. Alexander McQueen yang dikenal sebagai label yang memiliki koleksi super nyentrik ini emang ga nanggung-nanggung kalo berkarya. Walopun Alexander McQueen nya sendiri udah meninggal, dan diterusin sama Sarah Burton tadi. Garis rancang koleksinya tetap kuat. Kali ini, Sarah burton dalam koleksinya terinspirasi oleh Underwater magic. Ya karena namanya magic, mungkin aja kali ya makanya tampilan koleksinya ajaib ajaib. Mulai dari head piece sampe beltnya. Tapi, ya namanya punya konsep yang kuat, itulah makanya McQueen ini total sekali rancangannya. Rasanya kaya dibawa di dunia kehidupan bawah laut. Koleksi McQueen sendiri ini didasarkan oleh 3 G (okay ini bukan istilah dunia pertelekomunikasian atauPUN nama boyband tanah air ituh yah!). 3 G yang dimaksud itu adalah Grès ( untuk pleating dan draping. Gaudí (Gaudí sendiri adalah seorang arsitek spanyol yang menganut art noveau) untuk arsitektur rancangannya, dan Gaia untuk pemahaman semua kehidupan laut yang disuntikkan ke dalam rancangannya. Seperti adanya ornamen kerang atau karang di koleksi sarah. 
Selanjutnya ada, Louis Vuitton. Lupakan momen dimana Kate Moss menghembuskan asap rokok ditengah runway saat menutup show Louis Vuitton sekaligus menandai berakhirnya Paris Fashion Week untuk koleksi Fall/Winter 2011 lalu. Kate Moss tetap jadi model penutup show, tapi tidak lagi ngerokok di runway dong yaa. Mungkin udah baca peringatan No-Smoking kayanya - -". Tapi kali ini yang menarik dari Louis Vuitton, Marc Jacobs menampilkan palet warna putih di koleksi Louis Vuitton ini. It's a simply thing to wear. Ada mood a little girlish, and purity di dekorasi dan dandanan model-modelnya. Tapi ekhm, banyak juga ornamen lasercutting di dress-dressnya. Very Pretty!
Sedangkan Chloe punya gaya boyish yang tetep feminin. A-Line dress, pleated skirt dengan pola marquetry dengan palet warna warna pastel, bayangkan kalo mungkin cewe-cewe lagi jalan-jalan dengan pleated skirt selutut tadi. Old school lady is striking the road. 
Ada juga jean jacket yang bersiluet modern ala Balenciaga. Dengan warna blocking khas warna musim panas dan material kain yang mengkilat, Nicholas Ghesquiere membawa gaya ala seragam pelaut itu ke dalam koleksi yang edgy. Riccardo Tisci sendiri untuk Givenchy mengklaim bahwa koleksinya terinspirasi oleh mermaid dan surfer. Bisa dilihat tailoring di dressnya bisa dianalogiin sama lekuk-lekuknya gelombang air laut ( who could see it?). Dan ada juga sisiknya mermaid yang diwakili oleh kain dress hitam bertekstur di dressnya. Sebenernya sih ya, gua pribadi liatnya rada ga nyambung. Tapi inspirasi tadi tetep dalam bentuk terjemahannya riccardo tisci banget yang gothic and yet elegant. Tanpa harus tau dari apa inspirasinya pun, dressnya cantik kan?
Dan yang terakhir ada desainer yang koleksinya yang menurut gue menarik. Menariknya ini karena sebenernya motif kainnya sangat simple. Hanya kotak-kotak atau garis hitam putih. Tapi justru itulah iconografinya. Permainan pola bahan sama tema koleksinya itu yang brilliant. Who is he? He's name is Gareth Pugh. Okay perhaps his name is not familiar. But just want to info you. If you ever seen Beyonce's Run the world video (It's an impossible if I say this video is not familiar), when she's wearing a gold dress and a gold bold platform shoes. Yes definitely!! those are Gareth Pughs! Koleksi gareth pugh ini mengambil tema luar angkasa (secara tampilan model-modelnya juga ala ala makhluk luar angkasa -___-) Dan bukanlah sebuah hal yang berlebihan dengan motif kain yang sesimpel itu untuk digunakan sehari-hari. This is when I Have to say that Less is more. Walaupun ada beberapa pieces yang memang seperti kostum. 
Overall, dari semua koleksi- koleksi tadi. Dari yang nyentrik sampe yang dengan tampilan luar angkasa, Paris tetep punya koleksi yang bagus bagus kan?


Alexander McQueen Spring/Summer 2012

Louis Vuitton Spring/Summer 2012

Chloe Spring/Summer 2012

Balenciaga Spring/Summer 2012
Givenchy Spring/Summer 2012

Valentino Spring/Summer 2012
Gareth Pugh Spring/Summer 2012


No comments:

Post a Comment